Oleh: and1wijaya | November 28, 2009

Rawat Tanaman dengan Robot MIT

Merawat tanaman bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang menyenangkan. Tentu saja dengan ada tanaman di sekitar pekarangan rumah akan membuat para penghuninya lebih betah karena udara menjadi lebih sejuk.

Tapi apa yang terjadi misalnya Anda sibuk dengan kegiatan keseharian Anda dan tidak sempat merawat tanaman Anda sendiri? Mungkin MIT-Built Horticurtural Robot dapat membantu Anda. Cara yang unik dilakukan robot ini, ia merawat tanaman dengan cara mengencinginya. Sangat lucu sekali bukan?!

Di laboratorium Computer Sience and Artificial Intelligence, robot MIT ini sengaja diprogram untuk membantu merawat tanaman dengan aturan, robot tidak boleh menyentuh tanaman secara langsung. Percobaan dilakukan dengan tanaman tomat. Lalu bagaimana tanaman tersebut bisa bertahan hidup?

Sebagai awalan, tanaman digabungkan dengan tanah yang sudah diintegrasikan dengan sensor yang dapat menghitung kebutuhan nutrisi atau air, dan kapan waktunya ia harus mendapatkan keduanya itu. Melalui jaringan yang sudah diset khusus, kebutuhan tersebut akan dikirim kepada robot MIT, yang selanjutnya akan menjalankan perawatannya seperti menyiram tanaman. Sayangnya tidak disebutkan apakah robot ini nanti akan dijual kepada umum atau masih akan terus dikembangkan lebih lanjut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: